Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru

Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru
Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru - Pemasaran merupakan hal penting dalam sebuah brand atau produk, entah itu produk baru atau produk yang telah memiliki konsumen yang jelas. Dalam dunia pemasaran sangat menentukan bagaimana sebuah perusahaan akan sukses, jalan di tempat atau bahkan gulung tikar. 

Pemasaran selalu menjadi kajian utama untuk sebuah produk, berbagai macam strategi dan taktik akan dilakukan agar produk laku di pasaran, berikut kami berikan penjelasan tentang strategi pemasaran untuk produk baru.
Pemasaran adalah Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsep Pemasaran
KONSEP PRODUKSI
Berorientasi pada proses produksi. Asumsi: konsumen hanya akan membeli produk yang murah dan gampang didapat. Fokus efisiensi biaya dan ketersediaan barang.

KONSEP PRODUK
Asumsi: konsumen lebih menghendaki produk yang berkualitas, kinerja, fitur, atau penampilan super. Fokus: inovasi produk, riset, pengembangan, pengendalian kualitas

KONSEP PENJUALAN
Berorientasi pd tingkat penjualan. Konsumen harus dipengaruhi, Fokus: perbaikan teknik penjualan, promosi.

KONSEP PEMASARAN
Berorientasi pada pelanggan (eksternal). Asumsi: konsumen hanya membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan/kepuasan. Fokus: pemahaman prilaku konsumen secara menyeluruh.


ORIENTASI PADA KONSUMEN
a. menentukan kebutuhan pokok
b. menentukan kelompok pembeli
c. menentukan produk dan program pemasaran
d. mengadakan penelitian
e. menentukan dan melaksanakan strategi

INTEGRATED MARKETING
KEPUASAN KONSUMEN

Pemasaran dan Penciptaan Nilai
  • CUSTOMERS : Berawal dari kebutuhan/keinginan pelanggan dan berakhir dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
  • COMPETITOR : Memperhatikan faktor pesaing: strategi, kekuatan, kelemahan, kompetensi inti dll
  • COMPANY : Tidak menekankan pada aspek transaksi melainkan fokus pada aspek relational. Pentingnya kerjasama saling menguntungkan dengan pelanggan dlm jangka panjang juga kerja sama dengan jaringan kolaborator.
Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru
Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru
Strategi Pemasaran Untuk Produk Baru
Unsur Unsur Pemasaran
  1. RINGKASAN EKSEKUTIF: Suatu ringkasan pendek ttg tujuan-tujuan utama, dan rekomendasi. Membantu menemukan  titik2 penting rencana dg cepat.
  2. SITUASI PEMASARAN SEKARANG:berupa deskripsi pasar, termasuk segmen-segmen pasar utama, tinjauan produk, posisi persaingan, dan distribusi.
  3. TANTANGAN DAN PELUANG: Tujuannya adalah untuk mengantisipasi terhadap perkembangan penting yang akan mempengaruhi perusahaan.
  4. TUJUAN DAN ISU:dinyatakan sebagai sasaran yang akan dicapai sepanjang kaidah rencana. Memancing Isu-isu utama untuk meningkatkan pangsa pasar.
  5. STRATEGI PEMASARAN:Rencana permainan untuk mencapai tujuan…
  6. PROGRAM TINDAKAN: Untuk menjawab Apa yang akan dilakukan?, Kapan kita akan melakukan?, siapa yang bertanggungjawab?, berapa besar biayanya?, 
  7. AGGARAN: Pada sisi pengeluaran, Anggaran adalah biaya produksi, distribusi fisik dan pemasaran. 
  8. PENGENDALIAN: Pengendalian dilakukan untuk memantau kemajuan.
Strategi dan Taktik
  1. Strategi adalah Satu kesatuan rencana yang menyeluruh dan terpadu untuk mencapai tujuan. Perencanaan dasar suatu aksi yang pilih untuk mencapai suatu tujuan. Logika pemasaran (rencana permainan)yang dengannya unit usaha berharap dapat mencapai tujuan.
  2. Taktik adalah Cara dalam menjalankan rencana tersebut, yaitu teknik yang dipakai untuk melaksanakan strategi.
Tag : Bisnis
Komentar Facebook
Back To Top