Sistem operasi Android & Blackberry kian digemari

JAKARTA: Penggunaan sistem operasi (operating system/OS) Android dan Blackberry pada ponsel pintar (smartphone) selama kuartal III/2010 naik dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, sedangkan penggunaan OS Symbian, Windows Mobile, dan iPhone justru menurun.

Muhamad Ridwan, Senior Market Analyst International Data Corporation (IDC) Indonesia Bidang Telekomunikasi, mengatakan pertumbuhan penggunaan sistem operasi Google Android terhadap smartphone, OS Blackberry dan OS Android meningkat selama kuartal III tahun ini dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

"Penggunaan OS Android pada ponsel pintar selama periode itu naik hingga 200% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, sedangkan OS Blackberry naik sebesar 70%," ujarnya kepada Bisnis, hari ini.

Dia menjelaskan penggunaan sistem operasi lainnya pada smartphone seperti Symbian, iPhone, dan Windows Mobile selama kuartal III/2010 turun dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Ponsel pintar yang berplatform Symbian, kata dia, masih tertinggi dibandingkan dengan OS lainnya dengan pangsa pasar 50%, diikuti OS Blackberry 37% dan Andorid sebesar 10%, sedangkan Windows Mobile 2% dan iOS sebesar 1%.

Data IDC Indonesia menunjukkan penggunaan OS Symbian pada smartphone turun menjadi 50% selama kuartal III/2010 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya sebesar 67%.

Penggunaan sistem operasi Blackberry selama kuartal II tahun ini di Tanah Air masih sebesar 23,7%, tetapi meningkat menjadi 37% pada kuartal berikutnya.

Peningkatan serupa juga dialami OS Android, yang naik dari 2,7% pada kuartal II tahun ini menjadi 10% pada kuartal berikutnya.

Sistem operasi yang menunjukkan penurunan penggunaan selama kuartal ketiga tahun ini antara lain Nokia Symbian, iOS, dan Windows Mobile.

Penggunaan iPhone OS di dalam negeri pada kuartal II/2010, kata dia, sebesar 2,1% turun menjadi 1% pada kuartal ketiga, sedangkan sistem operasi Windows Mobile turun menjadi 2% pada kuartal III/2010 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya 4,4%. (gak)
Tag : Bisnis, Handphone
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Sistem operasi Android & Blackberry kian digemari"

Back To Top